Gemah ripah loh jinawi tata tentrem kerta raharja, jer basuki mawa bea, ho lapis kuntul baris, rawe-rawe rantas malang-malang puntung, ing ngarso sing tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani, ingsun titip tajug lan fakir miskin

Kemitraan

Wednesday, January 8, 2014

Mengganti sekring head unit/tape Suzuki Swift

Info ini juga saya tidak temukan di internet, biarpun sudah mohon petunjuk dari eyang Google. Akhirnya saya coba cari di buku petunjuk Suzuki Swift, syukurnya ada, tapi ternyata masih belum lengkap, dan ini juga bisa berguna bagi yang kehilangan primbon buku petunjuk tersebut.

Bermula dari terjadinya arus pendek karena jarum masuk ke colokan lighter, akibatnya tape mobil dan jam dasbor mati. Dalam kasus seperti ini, maka putuslah sekring dan kita harus ganti. Karena saya malas ke bengkel untuk masalah cuma ganti sekring, maka saya coba ganti sendiri sahaja.



Letaknya standar, di bawah dasbor pengemudi, dekat mata kaki kanan. Langkah pertama adalah membuka cover bawah dasbor, lihat gambar berikut. Tempatnya agak tersembunyi, lihat lingkaran rejeki.




Cukup mudah membukanya, tapi tetap harus hati-hati, awas patah. Gambar di bawah adalah kotak sekring, sudah berikut peta sekringnya. Membuka cover putih tersebut juga cukup mudah, tarik pelan-pelan bagian pinggirnya.



Setelah cover kotak sekring terbuka, maka tampak seperti di bawah. Perhatian! sebelum melepas dan memasang sekring, pastikan kunci kontak tidak terpasang.


Jika menurut buku petunjuk, sekring nomor 20, kolom ke-4 paling bawah adalah radio/dome. Tapi bukan yang itu, untuk head unit adalah sekring nomor 6 yaitu menurut label pada petanya adalah Accesories 2, kolom ke-6 baris paling atas. Sekring 15A, lihat tanda panah di atas, itulah yang perlu diganti.

Menarik dan memasang sekring, gunakan tang buaya dan tentunya menariknya juga harus hati-hati biarpun kadang agak susah.

Biasanya, ada sekring cadangan, kebetulan waktu saya ganti sekring, masih tersedia di sekring nomor 19, sementara saya pakai itu dulu karena kebetulan sama-sama 15A. Jangan lupa untuk kembali menyediakan sekring cadangan yang sama. Demikian ulasan ini, selamat mencoba.

15 comments:

  1. swift saya juga begitu, coba petunjuk ini dan berhasil. senang sekali terima kasih

    ReplyDelete
  2. Kasus saya sama. Kemaren sempat nyari sekering yang putus di daerah mesin. Semua baik2 saja. Ternyata di situ tempatnya :)
    Makasih postingnya bermanfaat !

    ReplyDelete
  3. Syukurlah, senang bisa ikut membantu pak PutraBorneo dan Pak Dosso, trims.

    ReplyDelete
  4. Swift saya dipinjam adik ipar, pas saya pake tape mati, FM Modulator terlepas dari lighter, setelah saya tanya karena kesenggol maka dilepas. Dengan melihat artikel ini sore nanti saya coba ganti dengan sekering cadangannya... terima kasih artikelnya.. sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  5. Great its work, setelah mengikuti article diatas, skr tape, lighter & digital watch swift saya sudah normal kembali.... again... thankyou mas HeliousW.. salam dari Samarinda

    ReplyDelete
  6. Gembira rasanya bisa membantu pa/bu Semperfi, salam dari Jakarta.

    ReplyDelete
  7. Maaf mau tanya kode sekring untuk lampu kota dan dashboard apa ya?

    ReplyDelete
  8. Klo suzuki apv ada gak gan utk sekring tape ma penantik apinya

    ReplyDelete
  9. Sangat membantu. akhirnya swift saya kembali normal.. trims atas kebaikannya mau berbagi ilmu. Salam saya dr surabaya

    ReplyDelete
  10. Postinganya bermanfaat sekali. Setelah bingung, Fuse seperti tertera di buku ternyata ga masalah. Akhirnya ketemu juga.
    Makasih buat postinganya

    ReplyDelete
  11. Enter your comment...sangat usefull...solusi paling jitu boss.masalah teratasi.bikin artikel swift lagi dong

    ReplyDelete
  12. trimakasih om,,,akhirnya bisa. gara gara pematiknya kemasukan fuse modulator mp3. sangat membantu dan smoga sukses om

    ReplyDelete
  13. Syukur deh, ketimbang ke bengkel ya pa, lumayan irit waktu utk masalah yg ternyata tidak susah punya, salam sukses jg buat pa Vereira.

    ReplyDelete
  14. Siap om Heyang, kalo ntar ada solusi praktis lagi, segera saya bikin artikelnya.

    ReplyDelete