Gemah ripah loh jinawi tata tentrem kerta raharja, jer basuki mawa bea, ho lapis kuntul baris, rawe-rawe rantas malang-malang puntung, ing ngarso sing tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani, ingsun titip tajug lan fakir miskin

Kemitraan

Friday, July 13, 2018

Tips liburan ke Taman Legenda TMII

Lokasi wisata berbentuk theme park di daerah (sekitar) Jakarta yang juga menjadi favorit orang Jakarta dan sekitarnya yaitu Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

TMII seperti halnya Taman Impian Jaya Ancol, di dalamnya banyak menyediakan tempat-tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga.

Dari berbagai tempat menarik di dalam area TMII, di sini saya ingin berbagi tips untuk Anda semua dari pengalaman saya ketika bersama keluarga liburan ke Taman Legenda TMII.

Sudah lama sekali kita tidak berkunjung ke TMII karena lokasinya yang relatif jauh dari rumah. Kita lebih memilih Ancol yang terhitung dekat, sehingga lebih memilih ke sana.

Awalnya kita melihat foto-foto liburan saudara kita di medsosnya yang menarik sekali bersama keluarga. Foto-foto si anak bersama dinosaurus membuat kami ingin juga berkunjung ke sana.

Jadilah kita setelah sekian lama, karena tertarik dan penasaran, kembali mengunjungi TMII tepatnya tujuan kita untuk mengisi liburan ke Taman Legenda TMII bersama keluarga.

Tips liburan ke Taman Legenda TMII


Untuk Anda yang kebetulan juga sama seperti kami :

  • Sebelumnya belum pernah berkunjung ke Taman Legenda TMII.
  • Akan berkunjung bersama anak-anak.
  • Sedang mencari tempat wisata lain.

Tips ini saya bagikan berdasarkan pengalaman kami, agar biarpun ini kunjungan pertama Anda bersama keluarga, tapi bisa mendapatkan pengalaman dan kesan yang maksimal.

Lokasi di dalam TMII

Mencari lokasi Taman Legenda di dalam TMII ternyata tidaklah sulit, tapi karena kita sangat tidak familiar, jadi harus beberapa kali bertanya dan lihat penunjuk arah yang sebetulnya membantu.

Temukan Snow Bay di TMII, dari situ akan ada penunjuk arah Taman Legenda, tinggal ikuti saja arahnya, tidak jauh dari situ selepas melalui beberapa kelokan, sampailah.


Harga

Harga tiket masuk ke Taman Legenda dibagi dua, yaitu hari kerja (weekdays) dan hari Sabtu/Minggu/libur (weekend). Dewasa dan anak-anak sama harganya sama.

  • Hari kerja Rp 20,000 / orang.
  • Hari libur dan weekend Rp 30,000 / orang.
Di dalam Taman Legenda banyak wahana dan tiap wahana memiliki harganya masing-masing, kisarannya Rp 15,000 - Rp 30,000. Anda bisa lihat foto dan harga masuk per wahana di loket masuknya. Nah, Anda sudah bisa rencanakan kira-kira wahana apa saja yang ingin dikunjungi dan total harganya.


Ada juga tiket terusan, hari kerja Rp 120,000 dan hari libur/weekend Rp 150,000. Artinya Anda bisa mencoba semua wahana berkali-kali.

Saat itu karena anak saya yang satu balita 4 tahun dan satunya lagi SMP, sehingga kita putuskan tidak ambil tiket terusan karena tidak semua wahana bisa dinikmati oleh anak balita. Jadi kita saat masuk hanya bayar tiket masuk per orang ditambah 1 wahana, yaitu wahana Taman Dinosaurus, total per orang Rp 20,000 + Rp 30,000 = Rp 50,000.

Jangan khawatir, jika tertarik mencoba wahana lain, Anda tinggal bayar di dalam, mudah saja, caranya gimana?

Saat masuk, Anda akan diberikan sebuah gelang yang bisa menyimpan saldo uang yang Anda bayarkan di loket masuk. Gelang tersebut harga jaminannya adalah Rp 10,000 yang bisa kembali diuangkan saat pulang berikut saldo yang tersisa.

Di dalam Taman Legenda tersedia banyak loket untuk menambah (top-up) saldo jika Anda tidak membeli tiket terusan. Nilai saldo akan terekam di dalam gelang canggih tersebut.

Cukup dekatkan gelang tersebut atau berikan kepada petugas wahana, ke alat sensor saat memasuki wahana.

Karena kita tidak ada yang membeli tiket terusan, top-up saldo cukup kita lakukan pada satu gelang saja.

Oya, masuk Taman Legenda tidak diperkenankan membawa makanan dan minuman dari luar. Jika sudah terbawa, bisa dititipkan di depan dan diambil lagi saat pulang dengan menggunakan nomor. Jangan khawatir, di dalam banyak penjual makanan dan minuman.

Wahana dan Atraksi 

Membawa anak-anak usia dini untuk liburan ke Taman Legenda TMII adalah ide yang cantik.

Berbeda dengan Taman Impian Jaya Ancol atau Scientia Park BSD, ini seperti kombinasi keduanya karena selain ada wahana atraktif (roller coaster), ketangkasan (mobil gowes) juga ada edukasi (beri makan hewan).

Itulah sebab kita putuskan untuk tidak membeli tiket terusan, karena pastinya anak kami yang balita tidak akan tertarik dengan roller coaster, tidak bisa mencoba mobil gowes tapi suka sekali memberi makan hewan-hewan lucu.

Saat pertama masuk ke Taman Legenda kita akan merasa suasana seperti di taman yang tertata rapi. Wahana pertama yang akan kita jumpai pertama adalah wahana kincir bianglala dan teater film 3 dimensi. Teater film 3 dimensi ini adalah salah satu wahana gratis.


Taman Dinosaurus adalah bagian yang menurut saya paling menarik, kebetulan juga karena yang satu ini alasan kita ke sana.

Bukan sekedar patung, tapi juga bergerak, bersuara dan menyemburkan air 😅. Agak menyeramkan memang untuk anak yang masih kecil, tapi tetap saja ini tempat yang harus di datangi.

Untuk yang membawa anak balita, wajib mencoba aneka wahana edukasi yang berinteraksi dengan aneka binatang-binatang lucu seperti, menunggang kuda poni, memberi makan kelinci, keledai mini, llama dan sapi mini. Jangan sampai terlewat 👍.






Ada juga wahana bermain air semacam kolam renang (waterpark) nama tempatnya Anak Tirta, jangan lupa bawa baju ganti dan handuk!

Bagi yang ingin seru-seruan, bisa coba wahana yang "wajib" di theme park semacam Ancol yaitu roller coaster, bianglala, perahu ayun dan lainnya.




Adik-adik balita biarpun tidak bisa mencoba wahana seru-seruan seperti perahu ayun, pilihan naik kereta api dan kereta kuda (andong) bisa sangat menyenangkan.




Tentu saja saya tidak akan menceritakan semua yang ada di sana, pastinya akan lebih seru dan menarik jika Anda datang langsung dan mengalaminya sendiri bersama keluarga.

Kesan saya untuk Taman Legenda cukup bagus, apalagi saat kami ke sana walaupun masih masa libur sekolah, tapi itu hari kerja, jadi tidak terlalu ramai. Penataannya asri, bersih dan rindang.

Contohnya adalah di samping ini adalah WC yang ada di dekat wahana mobil gowes.

Terurus dan bersih, sehingga kita pun nyaman berada di sana.

Selain itu di dekat wahana edukasi berinteraksi bersama hewan, disediakan kran air, sabun dan tisu untuk cuci tangan. Ini juga bagian yang saya suka 😀.

Simak video singkat kami berikut di arena memberi makan kelinci.

Belilah makanannya dulu di loket dekat situ sebelum masuk ke arena kelinci ya.

Tips

Jika Anda berniat liburan ke Taman Legenda TMII bersama anak-anak, untuk berhemat, orang tua bisa membeli tiket masuk saja, sedangkan tiket terusan hanya untuk anak-anak.

Anak-anak balita yang perlu didampingi orang tua, bisa membeli tiket wahana di dalam, tapi kalau saya lihat di sana, banyak wahana edukasi dimana cukup anaknya saja yang membayar, misalnya memberi makan kelinci.

Memberi makan hewan, kita hanya perlu membeli makanannya, tidak perlu membeli 2 makanan hewan jika kita hanya menemani (kecuali kalau Anda juga ingin ikut memberi makan hewannya 😋)

Kalau keluarga Anda tidak banyak, bisa 1 gelang saja yang di-top-up saldonya, jadi tinggal dipakai atau di-tap bergantian di wahana yang diinginkan.

Selamat bersenang-senang!

No comments:

Post a Comment