Gemah ripah loh jinawi tata tentrem kerta raharja, jer basuki mawa bea, ho lapis kuntul baris, rawe-rawe rantas malang-malang puntung, ing ngarso sing tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani, ingsun titip tajug lan fakir miskin

Kemitraan

Sunday, August 12, 2012

Memainkan video MP4 pada TV mobil

Popularitas format video MP4 saat ini sudah menjadi standar video untuk berbagai gadget, mulai dari handphone, DVD player hingga TV, dari perangkat yg berharga murah hingga mahal.

Namun sayang sekali, format MP4 pada dasarnya bukanlah format yg sederhana, kompleks karena memang disiapkan utk menjadi standar dari berbagai media. Sehingga kadang sebuah file video MP4, dapat diputar pada satu perangkat belum tentu mulus dimainkan pada perangkat lain. Perbedaan kompatibilitas ini yg perlu kita ketahui, sehingga harus kita konversi.




Wajah baru!



Saya sudah membangun blog yang saya beri nama heliocentre.com dan saya berencana untuk memindahkan artikel-artikel saya di blogspot.com ke blog tersebut. Silahkan kunjungi blog baru saya, heliocentre.com karena banyak artikel yang tidak kalah menariknya di sana.
Trims.



Bermula dari ketika saya hendak mengubah format VOB DVD menjadi MP4 yg dapat diputar pada TV mobil Alexis AL-701TV. Ternyata e ternyata tidak sekedar kita cari aplikasi konverter VOB ke MP4 yg banyak tersedia di internet, bahkan freeware. Konversi menjadikan MP4 memang mudah, sudah ada pilihannya, tapi ternyata hasilnya tidak dapat diputar pada TV mobil. Coba file MP4 yg lain, video-nya muncul tapi tidak ada suaranya. Artinya kita harus rubah parameter codec-nya sehingga dapat dikenal pada perangkat pemutarnya, dalam kasus saya ini ya TV mobil tsb.

1. Saya gunakan software Any Video Converter (freeware)
Software ini utk sangat baik utk merubah format VOB menjadi AVI. Sebetulnya software tsb mampu merubah menjadi banyak format video termasuk langsung menjadi MP4, tapi setelah mencoba berkali-kali dgn variasi parameter codec-nya, tidak bisa langsung diputar di TV mobil.

Saya kebetulan masih pakai versi yg agak lama, cukup kok. Perhatikan gambar, saya pilih file VOB-nya. Penting diperhatikan adalah FPS atau Frame Per Second atau Video Framerate, sepatutnya antara source dan target memiliki nilai yg sama, karena kalau tidak, hasil videonya antara gambar dan suara bisa tidak singkrong.

Video Codec: xvid. Frame Size: 352 x 288 (cukuplah utk TV ukuran 7 inch yg walaupun resolusinya 800x480). Video Bitrate: 384 (cukup jg, ini menentukan kualitas gambar, makin tinggi nilai makin tajam gambar, tapi kalau mau kualitas tinggi ya mending di TV layar lebar).

Untuk setting audio, pilih Audio Codec MP3 dgn bitrate 128, setting lain biarkan saja. Kemudian klik Convert.

2. Software Avidemux (freeware)
Saya menemukan software canggih ini sebetulnya karena tadinya ingin menyatukan beberapa file MP4, namun akhirnya tergali juga cara menghasilkan MP4 yg kompatibel dgn TV mobil saya.

Buka file AVI yg tadi kita buat dgn software Any Video Converter, jika muncul pesan dibawah :
Jawab Yes, sesuai default, utk sinkronisasi antara audio dan video. Di sini langkahnya sudah lebih sederhana, perhatikan tampilan berikut :
Di sisi kiri ada Video, pilih saja Copy yg artinya setting video target akan mengikuti setting video source. Audio, pilih MP3 (lame) dan Format MP4. Pilih Save utk mendapatkan file MP4 yg kompatibel dgn TV mobil. Selesai. Saya coba putar pada TV mobil, hasil video/audio memuaskan, mulus, gambar dan suara singkron.

Barangkali setting di atas belum tentu juga cocok dgn gadget anda, yg kebetulan mungkin lebih canggih dan menuntut setting MP4 tersendiri. Namun dari ide di atas, anda tinggal mencoba saja setting yg pas dengan 2 software di atas, apalagi jika bersama gadget anda, terlampir pula spesifikasi MP4 yg cocok.

Selamat mencoba.


21 comments:

  1. terima kasih atas ilmunya kawan :)

    ReplyDelete
  2. thanks buddy., only with any video converter it works !!!

    ReplyDelete
  3. gunakan software "FormatFactory" lebih ringan dan buanyak pilihan coversinya. Format Factory dapat merubah menjadi file audio dan video Fiturnya gampang dan komplit, dapat digunakan sebagai video cutter. Tipe confersi file video saya menggunakan tipe "AVI" agar dpt diputar di head unit. Pengaturan video setting dpt dipilih: High, Medium, Low quality. Contoh convert to avi file, rubah video encode menjadi MPEG4(DivX, Video Size menjadi 480 x 320, Bitrate rubah menjadi 384 or 512 untuk kwalitas video head unit 7" sdh cukup. Jika bitrate smakin besar maka kwalitas video smakin bagus dan sizenya smakin besar tinggal pilih mana. Aspect Ration rubah utk tipe widw screen menjadi 16:9. Nah pada audio encode rubah ke tipe MP3 dan sample Rate 44100. Usahakan jika merubah file video setting audio encode minim 44100 agar kwalitas audio tetap bagus ( treble tetap cring-crip & bass tetap jduk-jduk) dan untuk menurunkan size file video di format factory kita tingga menurunkan kwalitas videonya sj untuk merubah size menjadi kecil. Contoh dari settingan diatas saya dpt convert to avi file dari 50mb menjadi 22mb dengan kwalitas audio sama dan video diputar pada head unit tetep ok. Smoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  4. makasieh bgt broo.............. nyaris kebingungan gw nyari solusi,akhirnya, dapet jg

    ReplyDelete
  5. waduh.... semua video yg ane convert, kok durasinya jadi 3 menit semua gan...

    ReplyDelete
  6. tapi saya nyetel kaset merek pro max di mobil crv tv rodex 69 ki kok gak bisa ya ada bacan warning stop vidio

    ReplyDelete
  7. warna nya terus biru stop warning vidio

    ReplyDelete
  8. Terima kasih mas, sangat membantu!
    Tapi kok durasi video nya kepotong ya?
    Ada solusi?

    ReplyDelete
  9. Terima kasih masbroo! Mantaps berhasil :)

    ReplyDelete
  10. aku lebih suka format factory
    mudah , tapi aku belum tau caranya...

    ReplyDelete
  11. terima kasih...bisa berkunjung jg ke blog saya...www.teguhpriyantobutri.blogspot.com...salam kenal

    ReplyDelete