Saturday, June 9, 2012

Pasang sendiri tape mobil

Cara pasang sendiri tape mobil (head unit/HU) sepertinya terhitung langka penjelasannya di internet, kebetulan saya cari-cari malah tdk ketemu satu pun. Sempat pada suatu masa, saya ada wicara dgn teknisi audio, katanya, sebetulnya tidak susah. Malah sebetulnya sudah ada standarnya, khususnya di bagian perkabelannya. Saya mengganti tape mobil bawaan utk tunggangan keluaran tahun 1997 dan 2000 (model kaset) dengan tahun 2010 (model DVD), ternyata sama tuh diagram kabelnya (wiring diagram), jadi kita tinggal mencocokkan kabelnya saja.

Uraian singkat :
1. Baca dan bandingkan wiring diagram dari tape mobil lama dan baru
2. Buka panel dasbor tempat tape mobil
3. Keluarkan tape mobil lama dari dasbor
4. Menyambung kabel power (ignition), ground, antena, speaker
5. Memasang kembali

Langkah 1 : Wiring Diagram
Memastikan tape mobil anda mengikuti standar perkabelan, apalagi kalau tape mobil anda terhitung barang langka limited edition yg super canggih yg mana anda boleh pesan dan angkut sendiri dari pabriknya di luar negeri sana. Wiring diagram biasanya ada pada buku manualnya saat pembelian. Kalau kebetulan tape mobil anda boleh beli second, atau boleh dapat gratifikasi alias hibah, atau copotan dan tidak ada manual, bisa coba cari di internet. Rasanya sih kalau unit keluaran pabrikan yg sudah punya nama, mereka harusnya sih mengikuti standar. Berikut contoh wiring diagram utk Sony XR-C223.
(klik gambar utk diperbesar)

Langkah 2 : Buka panel/frame pada dasbor
Jika anda awam dgn instalasi panel mobil anda, langkah ini membutuhkan extra kehati-hatian, jgn terburu-buru, harus cermat, jgn sampai nantinya malah merusak dasbor. Untuk ruang tape mobil, tentunya sebagian besar pabrik telah merancang agar panel dasbor utk tape mobil bisa dibuka, utk menyesuaikan dgn selera pemilik. Aneh sekali kalau untuk mengganti tape mobil, anda harus ke bengkel untuk melepas seluruh dasbor.

Hati-hati dalam melepas frame panel tengah dasbor ini, jgn sampai merusak klem pengaitnya. Kerjakan dgn sehalus mungkin. Adakalanya kita juga harus melepas kepala tombol-tombol. Boleh juga saat ada ke bengkel (resmi), anda minta petunjuk cara membukanya kpd teknisi.


Langkah 3: Buka baut tape mobil
Setelah melepas frame, akan terlihat rumah tempat tape mobil terpasang, biasanya sih diikat dengan baut, tinggal kita buka bautnya dan simpan yg rapi jgn sampai hilang. Jika semua baut sudah dilepas, tinggal ditarik rumahnya.

Perhatikan di bagian belakang tape mobil, biasanya kabel-kabel akan bersatu pada sebuah konektor, dan konektor tsb yg akan terpasang ke tape mobil. Mungkin jika merk sama, konektor tsb juga sama, sehingga tinggal langsung lepas dan pasang di tape mobil baru. Namun adalah sangat bijak bestari jika kita perhatikan dulu susunan kabel pada konektor lama dan baru, apakah sama, sembari memperhatikan dokumentasi wiring diagram dari tape lama dan baru. Tindakan ini mencegah terjadi korslet atau merusak tape mobil karena ternyata susunan posisi kabel ternyata tidak sama, misalnya listrik malah nyambung ke speaker.

Langkah 4: Menyambung kabel
Jika konektornya berbeda, atau susunan kabel tidak sama, maka kita harus mainkan di perkabelan, dengan cara menyambungkan kabel instalasi audio mobil dengan konektor tape mobil baru. Kebetulan pengalaman saya, instalasi audio mobil dan konektor disambung cuma dgn pilinan kabel kemudian dibungkus dgn isolasi listrik.

Harap diperhatikan agar selama melakukan pemasangan ini, kunci kontak tidak dalam keadaan menyala, apalagi mesin menyala, guna mencegah terjadinya korsleting.


Susunan kabel standar adalah sbb:
- Biru : power antena radio
- Hitam : ground (B-)
- Merah : Ignition switch (B+) / switch starter mobil
- pasangan putih dan putih-hitam : speaker depan kiri
- pasangan hijau dan hijau-hitam : speaker belakang kiri
- pasangan kelabu dan kelabu-hitam : speaker depan kanan
- pasangan ungu`dan ungu-hitam : speaker belakang kanan

Dalam melepas kabel dari konektor tape mobil lama, sebaiknya jika anda belumlah ahli, tidak melepas sekaligus semuanya. Memang agak merepotkan karena akan melibatkan banyak kabel, tapi mencegah anda lupa atau salah sambung. Semisal anda baru melepas pasangan kabel speaker belakang kiri (hijau dan hijau/hitam) dari konektor lama, baik sekali jika langsung anda sambungkan ke konektor yg baru. Jangan lupa bungkus dengan isolasi agar tidak terjadi hubungan pendek/korsleting. Demikian seterusnya.

Langkah 5: Testing
Pastikan posisi tape mobil dalam kondisi switch off, hidupkan kunci kontak, silahkan switch on tape mobil anda. Jika tidak mau menyala, matikan kembali kunci kontak dan cek kabel merah (ignition switch) dan hitam (ground), keduanya harus tersambung dgn baik.

Jika menyala, dengarkan suara pada ke-empat speaker apakah semua berbunyi. Cek radio utk memastikan kabel antena terpasang dgn baik. Setelah semua ok, tinggal dipasang pada rumahnya jika ada, atau kembali dibaut pada panel dasbor dan pemasangan kembali frame panel dasbor.

Selesai, selamat mencoba.

4 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Pemasangan kabel sdh benar,tapi jika di tekan klapson tepe jd mati,trus jika lampu send d idupkan speker juga ikut ada suara kedip2 klo begitu apanya tuh bos yg bermasalah

    ReplyDelete
  3. Mantapbs...
    Numpang mbaca artikelnya...
    Kalau disertai contoh gambar yang lebih lengkap... Mungkin tambah keren, Gan...

    ReplyDelete