Gemah ripah loh jinawi tata tentrem kerta raharja, jer basuki mawa bea, ho lapis kuntul baris, rawe-rawe rantas malang-malang puntung, ing ngarso sing tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani, ingsun titip tajug lan fakir miskin

Kemitraan

Monday, April 24, 2017

[Solusi] Mengganti sendiri wiper depan Suzuki Swift



Wiper adalah salah satu fungsi penting kendaraan untuk keamanan dan kenyamanan berkendara. Seperti suku cadang lainnya, pasti ada usia pakainya. Belum lagi material utamanya adalah karet dan berhadapan langsung dengan cuaca.

Kali ini saya akan menunjukkan cara mengganti sendiri bilah wiper untuk kaca depan Suzuki Swift. Seperti artikel saya sebelumnya, sebaiknya kita mengetahui cara perbaikan praktis untuk mengganti suku cadang yang memang mudah. Membawa ke bengkel mungkin tidak mahal, tapi menunggu di sana yang membuat malas. Itulah yang sering saya rasakan.





Mengganti sendiri wiper depan Suzuki Swift

Bilah wiper kaca depan Suzuki Swift terdiri dari 2 ukuran yang berbeda :
  • Panjang 21 inch (535 mm) untuk depan pengemudi.
  • Panjang 18 inch (460 mm) untuk depan penumpang.
Di pasaran banyak tersedia pelbagai merk, tidak harus keluaran Suzuki, karena mobil masa kini sudah standarisasi untuk suku cadang yang umum.

Saya akan mengganti bilah wiper depan asli Suzuki dengan merk Helios Aero Blade yang saya beli di TransMart seharga Rp 70 ribuan per buah. Selain merk Helios, ada juga keluaran Bosch dan Oryx.


Melepas bilah wiper lama

Alat yang diperlukan adalah sebuah obeng dengan mata min (gepeng) atau test pen. Obeng tersebut untuk membantu mendongkel klipnya yang mungkin agak keras. Ini hanya sekedar alat bantu, bisa terpakai bisa juga tidak.



Perhatikan gambar berikut :

  • Bagian ditunjuk oleh panah nomor 1, yang bergaris-garis ada di kedua sisi kiri dan kanan adalah bagian yang bisa ditekan. Jika dengan menekan bagian nomor 1 ternyata sulit seperti yang saya alami, alternatifnya bisa mencongkel dengan lembut menggunakan obeng tespen dengan hati-hati pada bagian ditunjuk lingkaran hijau.
  • Sembari menekan bagian nomor 1, cangkang penutupnya bisa ditarik ke atas searah dengan arah panah nomor 2.
  • Panah yang ketiga, di bagian belakang cangkang terkadang bikin susah karena mengganjal. Cara yang tepat membuka cangkang klip adalah posisi wiper harus diberdirikan.

Ilustrasi pemasangan

Ilustrasi pemasangan yang saya potret dari kemasan wiper Helios Aero Blade. Dari ilustrasi ini anda bisa mendapatkan bayangan kira-kira seperti apa prosedur teknisnya. Mudah sekali.

Perhatikan bahwa besi wiper sebetulnya didalam itu, ujungnya berbentuk U (U-hook).

Cara penggantian wiper depan sisi penumpang

Untuk mudahnya, silahkan anda lihat video berikut, kita mulai dengan mengganti bilah wiper depan sisi penumpang. Ukuran wiper adalah yang 18 inch.



Kemudian kita lanjutkan dengan penggantian bilah wiper depan sisi pengemudi, yang berukuran 21 inch.


Anda akan terkejut ternyata mudah sekali.

Hasilnya manstrap, siang dipasang malamnya kita pakai jalan saat hujan deras, sapuannya bersih dan halus.

Cara yang sama saya kira juga bisa diterapkan untuk merk kendaraan lainnya, baik mobil Jepang, Eropa, Korea dan lainnya.

Tips perawatan wiper

Agar wiper mobil anda awet, saya anjurkan saat berada langsung dibawah sinar matahari terlebih untuk waktu lama, agar bilah wiper diberdirikan. 

Panas yang merambat dari kaca akan cepat membuat karet wiper menjadi getas atau keras. 

Akibatnya akan membuat sapuan wiper tidak halus dan merata.

Demikian akhir artikel ini, selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment