Gemah ripah loh jinawi tata tentrem kerta raharja, jer basuki mawa bea, ho lapis kuntul baris, rawe-rawe rantas malang-malang puntung, ing ngarso sing tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani, ingsun titip tajug lan fakir miskin

Kemitraan

Wednesday, January 24, 2018

Syarat ini orang sering lupa saat perpanjang STNK

Perpanjang STNK dan pajak kendaraan sekarang adalah hal yang mudah dan cepat. Tidak perlu calo. Sebaiknya memang Anda lakukan sendiri, kecuali jika Anda super sibuk bisa dibantu oleh biro jasa.

Pengalaman saya perpanjang STNK dan pajak kendaraan dimana saya lakukan sendiri, maka saya bagi di artikel ini.

Pada dasarnya persyaratannya sederhana, banyak dikupas dan diulas di berbagai artikel di internet, mudah untuk Anda dapatkan. Namun... ada 1 hal yang luput dari kebanyakan ulasan artikel-artikel tersebut.

Untuk itu artikel ini saya buat agar Anda lebih siap saat harus melakukan sendiri perpanjangan STNK dan pajak kendaraan, baik roda 2 atau pun roda 4.

Syarat ini orang sering lupa saat perpanjang STNK dan pajak kendaraan

1. Lihat plat nomor kendaraan Anda

Perhatikan tahun kadaluarsa dari plat nomor tersebut. Normalnya, papan plat nomor akan diganti baru setiap 5 tahun sekali.

Mudahnya, lihat plat nomor kendaraan Anda. Jika tahun kadaluwarsa yang tertera pada plat nomor sama dengan tahun ini untuk perpanjangan. Maka kendaraan harus di bawa ke SAMSAT untuk cek fisik.

Jadi sebetulnya Anda cuma wajib membawa kendaraan Anda ke SAMSAT setiap 5 tahun sekali, sedangkan tahun-tahun berikutnya tidak perlu, semisal Anda lebih memilih naik kendaraan umum.

Jika sudah 5 tahun dan saatnya cek fisik, dan Anda tidak membawa kendaraan Anda ke SAMSAT, maka permohonan perpanjangan STNK dan pajak kendaraan tidak bisa diproses. Rugi waktu capek-capek ke sana.

2. Bawa pulpen & stofmap/amplop

Hal remeh, banyak orang sering abai. Di SAMSAT ada 1 lembar formulir yang perlu Anda isi.

Walaupun di sana biasanya ada meja dan pulpen untuk pengisian formulir, tapi lebih baik Anda siapkan sendiri.

Selain tidak perlu menunggu saat pulpen sedang dipakai orang lain, Anda bisa cari tempat di mana saja untuk mengisi formulir.

Sedangkan stofmap/amplop besar berguna untuk menyatukan dokumen-dokumen agar tidak tercecer, apalagi jika Anda tidak membawa tas,

3. Dokumen persyaratan

Berkas yang perlu dibawa untuk perpanjangan STNK dan pajak kendaraan tidaklah susah, berikut adalah daftarnya :

  • Fotokopi BPKB + BPKB asli.
  • Fotokopi STNK + STNK asli.
  • Fotokopi KTP + KTP asli sesuai yang tercantum di STNK/BPKB.
  • Dokumen hasil cek fisik kendaraan di SAMSAT.
  • Formulir perpanjangan yang diisi di SAMSAT.
Pastikan lengkapi 3 macam dokumen-dokumen yang saya sebut di atas sebelum berangkat ke SAMSAT, agar proses mudah dan lancar.

4. Proses cek fisik kendaraan di SAMSAT

Sedikit cerita saja pengalaman saya saat memperpanjang STNK dan pajak kendaraan di SAMSAT Jakarta Barat.

Pertama kali saya datangi SAMSAT yang di mal Lippo Puri, tapi rupanya karena harus ganti plat nomor, harus ke SAMSAT yang besar karena alatnya adanya di sana.

Setelah isi formulir dan menyatukan dokumen, saya pun menuju tempat cek fisik kendaraan.

Seperti tampak di foto, ini adalah tempat cek fisik kendaraan di SAMSAT Jakarta Barat. Ada 3 loket di situ, sebetulnya 4 tapi tidak kelihatan.

Tiap loket diberi nomor. Saya pertama kali mendatangi loket nomor 1 untuk pendaftaran.

Di situ saya menunjukkan dokumen persyaratan, kemudian saya mendapatkan lembar warna kuning untuk cek fisik kendaraan.

Walaupun lembar kuning tersebut adalah formulir, namun tidak di-isi pun tidak mengapa, karena ada lembar semacam stiker untuk nantinya dipakai mengerik nomor rangka oleh petugas.

Seperti tampak pada foto di samping kanan, ada semacam lembar yang berukuran lebih kecil.

Lembar tersebut akan digunakan oleh petugas cek fisik kendaraan untuk mengkopi atau mengerik nomor rangka kendaraan Anda saat dilakukan cek fisik kendaraan.

Saat nanti giliran Anda tiba, berikan dokumen tersebut kepada petugas.

Selanjutnya saya bergegas menuju kendaraan saya untuk mengantri di jalur cek fisik.


Tips dari saya, datanglah sepagi mungkin untuk menghindari panjangnya antrian. Di SAMSAT Jakarta Barat, saya mulai mengantri sekitar jam 8:45 pagi, antrian kendaraan sudah 2 baris, per baris 5 mobil. Motor juga begitu.

Selain itu, tips lagi dari saya, ada baiknya sebelum ikut antri, Anda ke toilet dulu, jangan sampai kendaraan Anda, terutama mobil, jadi menghambat antrian karena ditinggal ke toilet :P .

Waktu cek fisik walaupun sebentar namun bervariasi, ada yang sebentar sekali, ada yang agak lama, kurang lebih 10 menit.

Jika Anda datang tidak sendiri, tersedia ruang tunggu dengan kursi yang cukup banyak.

Setelah selesai diketrik nomor rangka kendaraan, dokumen diserahkan kembali ke loket nomor 2, kemudian tunggu nama Anda dipanggil kembali.

Saat dipanggil lagi, Anda berarti sudah melewati tahapan cek fisik dan mendapatkan berkas untuk melanjutkan ke pendaftaran perpanjangan STNK dan pajak kendaraan. Di SAMSAT Jakarta Barat kebetulan gedungnya berbeda, jadi saya menuju gedung tersebut.

5. Proses perpanjangan STNK dan pajak kendaraan

Walaupun sudah agak ramai, tapi prosesnya cukup mudah. Anda menyerahkan semua berkas yang sebelumnya telah dipersiapkan ke meja pendaftaran. 

Setelah dilakukan pemeriksaan kelengkapan berkas oleh petugas, Anda tinggal menunggu nama Anda dipanggil untuk pembayaran.

Saat itu semua berkas saya telah lengkap maka saya diminta menunggu dulu.

Tidak lama kemudian nama saya dipanggil untuk menerima lembar pembayaran dan nilai yang harus dibayarkan. Loket pembayaran berada di sebelah meja pendaftaran.

Setelah melakukan pembayaran, bukti bayar berupa selembar kertas putih kita lanjutkan ke loket sebelahnya untuk pengambilan STNK baru dan plat nomor baru (jika ganti baru).

Tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan berkas STNK dan pajak kendaraan yang baru. Sedangkan plat nomor baru masih harus menunggu dipanggil lagi, karena proses pembuatannya butuh waktu.

Karena saat itu saya juga menunggu plat nomor baru, saya pun kembali menunggu hingga nama saya dipanggil lagi untuk menerima plat nomor, maka selesai sudah.

Salut untuk jajaran SAMSAT Jakarta Barat, prosesnya mudah selesai dalam waktu 2 jam. Tidak perlu jasa calo.

Oya, saat itu kebetulan saya membawa anak saya karena ingin ikut, ternyata di kantor SAMSAT Jakarta Barat ada sudut kecil tempat bermain anak-anak balita. 

Lokasinya dekat dengan meja bagian informasi.

Jadilah selama menanti pemanggilan, anak saya bisa bermain-main sehingga tidak bosan dan rewel. Tetap tentunya Anda harus mengawasi putra putri Anda saat bermain sembari Anda menunggu dipanggil, jangan malah asyik main handphone :P .

Demikian artikel ini semoga membantu.


No comments:

Post a Comment