Gemah ripah loh jinawi tata tentrem kerta raharja, jer basuki mawa bea, ho lapis kuntul baris, rawe-rawe rantas malang-malang puntung, ing ngarso sing tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani, ingsun titip tajug lan fakir miskin

Kemitraan

Tuesday, August 17, 2010

IV2002U(VE) : Ulasan Ivio USB CDMA modem

Sekedar melihat-lihat saja di pameran seluler Indonesia 2010, kebetulan ada promo menarik dari Telkom, yaitu modem seharga Rp 199 ribu (ditambah gratis internet sebulan) bertuliskan IVIO 3G, ech jadi tergoda membeli.. 3G!

Secara teknis modem ini berkecepatan CDMA 2000 1x, dgn max 153 Kbps (kilo bits per seconds). Untuk jaman ulasan ini diketik, kecepatan segitu terhitung tdk bisa untuk sok-sok-an (rasanya jg bukan termasup 3G), tapi tak apalah karena kebetulan saya juga cuma internet gitu-gitu aja jg.

Pertama kali pakai, dibingungkan oleh slot RUIM card-nya krn tdk ada arahan yang jelas, hanya sepotong cungkilan, mungkin ceritanya itu adalah bentuk RUIM. Setelah bolak-balik RUIM, akhirnya ketahuan posisi yang benar, potongan miring RUIM di dekat baut kiri.

Instalasi driver lumayan mudah, ada petunjuk berupa buku kecil. Setelah selesai dan restart, sambungkan modem ke komputer. Jangan terburu nafsu, walaupun tdk ada indikasi di layar, itu modem sepertinya lagi initializing kurang lebih 10-17 detik. Jalankan aplikasi Wireless Apps yang otomatis ter-install bersama driver tadi.

Setelah wireless apps dijalankan, masih tetap jangan keburu napsu, karena setelah aplikasi tersebut muncul tidak bisa langsung koneksi, tunggu hingga indikator sinyalnya muncul, 1-5 batang, bersamaan dengan munculnya tulisan 1X. Jika batang indikator sinyal muncul baru bisa koneksi.

Kekuatan sinyal tergantung lokasi kediaman anda, kebetulan saya tinggal di bilangan bojong kenyot, sinyal bisa dapat 2-3 batang, kalo lagi hoki, beberapa hari bisa dapat full 5 batang. Kekuatan daya tangkap sinyal juga ditentukan oleh posisi modem, kalo banyak terhalang benda2 juga bisa menghalangi sinyal. Lain kalo di daerah Sudirman, diletakkan di mana saja, sinyal poll. Atau kamar anda di lantai 10, kemungkinan nasib anda mujur.

Untuk kecepatan akses, kebetulan sudah paket dengan telkom flexi net, untuk unlimited Rp 50 ribu/bln, ya gitu deh.. namanya juga murah meriah, buat email dan facebook haha hihi masih bolehlah, mau lihat video?? sebaiknya di dvd player aja. Karena dijual paket dengan flexi, jadi tdk bisa pakai operator lain, sudah saya coba, mungkin ini buat yang jagoan unlock.

Di situs ivio.co.id, driver-nya ternyata tidak ada, jadi saya ada rencana untuk mengunggah driver dari CD ke internet, siapa tahu ada yang butuh.

2 comments:

  1. gan ane perlu ntu driver, kapan uplod nya ditunggu boss

    ReplyDelete
  2. selain pkek flexy, bisa bwt operator apa aja pak lek,,???

    ReplyDelete