Gemah ripah loh jinawi tata tentrem kerta raharja, jer basuki mawa bea, ho lapis kuntul baris, rawe-rawe rantas malang-malang puntung, ing ngarso sing tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani, ingsun titip tajug lan fakir miskin

Kemitraan

Monday, March 27, 2017

[Renovasi] Pilihan material untuk renovasi cepat

Artikel ini merupakan saduran dari artikel saya di HelioCentre.Com yang juga memiliki topik berkenaan dengan renovasi. Saya yakin informasi ini berguna sekali untuk kebanyakan kita yang relatif awam dengan dunia bahan bangunan. Saat anda berencana untuk melakukan renovasi dengan anggaran yang terbatas, pengetahuan seperti ini akan banyak memberi ide.

Andaikan pengetahuan ini saya dapat sebelum melakukan renovasi rumah, pasti banyak penghematan biaya dan waktu yang bisa saya dapat.

Rumah kami saat sedang renovasi.
Setelah melakukan renovasi rumah sendiri, ditambah banyak mendapatkan info dari teman-teman kontraktor dan arsitek, juga kunjungan ke beberapa rumah, saya banyak belajar mengetahui pilihan material untuk renovasi cepat.

Saat ini teknologi tinggi dan canggih sudah banyak sekali menghasilkan material-material untuk membangun rumah secara cepat, praktis dan harga relatif murah.

Bagi yang tidak atau belum terbiasa dengan dunia material bahan bangunan, perkembangan yang sedemikian cepat membuat kita tertinggal. Gaptek dunia bahan bangunan.

Seperti anda telah ketahui, bahwa komponen biaya tertinggi dari renovasi atau pembangunan rumah adalah ongkos tukang. Katakanlah seorang tukang bangunan berpengalaman dengan kerja yang tangkas, tetap ongkos kerjanya berpotensi menjadi komponen biaya termahal.

Sehingga dengan secara tepat menentukan pilihan material untuk renovasi cepat, akan mengurangi waktu kerja, artinya bisa menghemat ongkos kerja.

Pilihan material untuk renovasi cepat

Saya tidak akan mengulas semua material apalagi secara rinci karena informasi tersebut akan banyak anda temukan di internet nantinya. Saya akan ulas material utama yang tujuannya adalah memberikan anda ide.

  • Tulangan / rangka konstruksi
  • Atap
  • Lantai
  • Tembok
Kita akan bahas pilihan material untuk renovasi cepat dari  4 komponen konstruksi bangunan di atas.

Tulangan / rangka konstruksi

Material :
  • Rangka baja
  • Rangka baja ringan (truss)
Tambahkan citarasa seni, rangka baja
pun layak untuk diekspos.
Jika anda akan membangun ulang rumah anda atau renovasi besar, kurang lebih di atas 40% dari bangunan yang akan direnovasi, kemungkinan anda akan membutuhkan rangka baru.

Anda bisa mempertimbangkan rangka baja sebagai rangka utamanya. Rangka baja cepat dirangkai dan dirakit, tentunya ini harus dilakukan oleh ahlinya.

Saya pernah berkunjung ke salah satu rumah teman, beliau adalah seorang arsitek. Rumah beliau elok dan unik sekali dengan konstruksi rangka baja di luar (tidak disembunyikan), istilahnya rangka luar (exposed). Agar terlihat tidak kaku, rangka baja tersebut diberi warna yang sesuai.

Contoh rumah sederhana yang
menggunakan baja ringan sebagai
konstruksi rangkanya.
Jikalau anda berniat hanya untuk membuat bangunan sederhana, semisal kamar di lantai atas atau di dak atas, gunakan baja ringan (truss) sebagai tulangannya. Kalau anda pernah melihat ruang perkantoran, baja ringan sudah banyak digunakan sebagai rangka penopang tembok.

Saya pribadi berencana membangun dak di lantai 2, menggantikan atap, dan di atas dak tersebut saya akan membuat sebuah kamar. Rencananya kamar tersebut berbentuk seperti rumah tapi rangkanya akan menggunakan baja ringan.

Untuk 3 material lainnya, silahkan kunjungi artikel yang saya buat di HelioCentre.Com.

HelioCentre.Com


Salam renovasi hemat!

No comments:

Post a Comment