Gemah ripah loh jinawi tata tentrem kerta raharja, jer basuki mawa bea, ho lapis kuntul baris, rawe-rawe rantas malang-malang puntung, ing ngarso sing tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani, ingsun titip tajug lan fakir miskin

Kemitraan

Sunday, April 29, 2012

Pengalaman cari kaca lampu bekas di pasar Tanah Abang Bukit

Lampu depan tunggangan kesayangan anda pecah kacanya? ada beberapa pilihan bagi anda,
1. klaim ke asuransi, kalo punya, tinggal bayar uang OR-nya saja (kebetulan saya kena Rp 200 rb).
2. beli baru, kebetulan saya sempet cari2, paling murah dapat harga Rp 350rb, komplit (kaca+batok) kata pedege-nya sih orisinil punya, varian harga mulai dari Rp 800rb paling mahal, asli toyota. Mungkin ada sih yg jual baru kacanya saja tapi kebetulan belum berjodoh dgn itu pedege.

Karena saya perlu kacanya saja karena batok lampunya masih baik, adakah pilihan yg lebih ekonomis? Ada! pilihan ke 3.

3. cari copotan bekas, karena ini barang dari kaca, harusnya tdk terlalu sulit utk kita yg awam.

Setelah mencari di internet dan membaca beberapa pengalaman dan referensi, di Jakarta kita bisa ke pasar Asem Reges atau pasar Tanah Abang Bukit, kebetulan pilihan kedua yg cukup dekat dengan kediaman katong.

Itu pasar onderdil, kayanya kebanyakan copotan atau barang second. Sudah hampir ketebak, model pedagang di sana harganya "ngetok" alias ketinggian. Masak ada yg buka harga 350rb??? tentunya dgn santai saya bilang jgn segitu karena harga baru jg segitu dan anggaran saya cuma 50rb, tentunya mereka akan berkilah standar kalo barang mereka itu sdh termasuk pasang, orisinil, komplit, bla bla bla.. hehe ayolah..

Hampir sama dgn kebanyakan pasar onderdil, calo akan menghampiri anda bak kumbang menghampiri kembang, tanya cari apa. Ngeles aja dgn bilang "mau ke toko langganan, si asep lt 2" kalo males melayani nyamuk2 calo tsb. Dari luar saya bisa lihat bemper, spakbor dan macam ragam onderdil banyak yg jual.

Lantai dasar rupanya tempat kerja para montir, tdk ada pedagang, jadi saya langsung naik ke lantai 2, lihat2 sebentar langsung bersua dgn penjual aneka lampu mobil bekas, macam lapak, susunan dagangan tdk beraturan, dalam hati "ini sepertinya bisa kasih harga bagus". Tanya ada kaca lampu depan dan langsung si abang ngaduk2 dagangannya. Sembari ngaduk2 karena ga ketemu2 saya ngobrol2 aja sok akrab (siapa tau sodara keturunan langsung syech siapa gitu :), sambil tanya harga, tapi si abang bilang nanti aja kalo sudah ada barangnya.

Barang pun datang, ngecek kondisi dan keaslian, cocok, tanya harga, dan cerita lama.. kembali buka harga tinggi Rp 300rb. Tentunya saya tawar sesuai anggaran Rp 50rb dgn argumentasi harga baru komplit 350rb dan ongkos asuransi 200rb. Sampai si abangnya minta nawarnya yg bener.. hehe.. dgn santai dan serius sembari mau angkat kaki saya katakan kalo tawaran itu serius, sembari mengeluarkan jurus rayuan maut, "masih pagi bang biar penglaris..udah deh kasih aja biar cepet jadi.." akhirnya kita mupakat di harga 60rb dan saya minta dikasih juga klem-nya.

Akhirnya saya cuma keluar hepeng Rp 60rb dapat barang orisinil, tinggal pasang deh, kaca lampu depan Toyota Soluna Gli tahun 2000.

2 comments:

  1. didaeraah mana bole minta alamat lengkapnya kagak

    ReplyDelete
  2. Jual kaca tabung lampu,5w,8w,14w,18w,23w,35w,45,w,65w model U dan tornado
    yang Wilayah : Kab. Batang, Pekalongan, Kendal, Pemalang, alamatku : clapar subah,kab batang jawa tengah.
    mas Han hub. 087836685168, pin BB : 20b2ca77.
    blog: tabunglampu.blogspot.com
    produk lain :
    sukamurah.com - Belanja jual baju batik pekalongan.

    ReplyDelete