Gemah ripah loh jinawi tata tentrem kerta raharja, jer basuki mawa bea, ho lapis kuntul baris, rawe-rawe rantas malang-malang puntung, ing ngarso sing tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani, ingsun titip tajug lan fakir miskin

Kemitraan

Sunday, April 29, 2012

Cara pasang kaca lampu depan Toyota Soluna GLi tahun 2000

Kaca lampu depan pecah, mau irit? disamping beli copotan second (bisa baca tulisan pengalaman saya), kita bisa pasang sendiri karena utk Soluna GLi 2000 ternyata cukup mudah.

Kaca dan batok/tempurung lampu hanya menempel/diikat oleh 4 buah klem logam, jadi tidak perlu lem super. Baiklah, mari kita saksikan kondisi lampu depan sebelum dipasang kacanya.

Bisa kita lihat di sini, lampu depan sebelah kiri kondisinya cukup menyedihkan.





Masih dilapisi lakban dan plastik karena darurat, khawatir saat itu terjadi hujan badai, angin topan, berpotensi menyebabkan korsleting karena air hujan masuk ke bohlam.

Tentunya kaca lampu, kalau kita beli copotan, sebelum dipasang seyogyanya dicuci bersih dan dikeringkan dulu. Dibawah ini foto setelah dipasang.

1. Lepas baut yg mengikat lampu sen, cuma satu, seperti ditunjukkan oleh foto dengan nomor 1, kemudian secara hati-hati lepaskan lampu sen.

2. Lampu depan cuma diikat oleh 2 buah klem model kancing, klem tsb juga ada bautnya, tapi sepertinya baut tsb digunakan utk mengatur arah lampu. Saya menggunakan obeng minus utk mendorong kaki2 klem kancing tsb agar masuk ke lobang, kemudian saya dorong dengan tang buaya. Di foto ditunjukkan dengan nomor 2.

Setelah tempurung secara hati2 dikeluarkan, bohlam tidak perlu dilepas, kabelnya cukup panjang kok. Pasang kacanya, ikat dengan klem-nya, lihat nomor 3 pada foto. Klem tsb mengikat pada 4 sisi, atas, bawah, kiri dan kanan. Ada baiknya jika klem tsb bukan baru, kencangkan dulu dengan melengkungkan klem tsb ke arah dalam, sehingga nanti menjepit dengan kuat.

3. Pasang kembali, jika sepertinya tidak muat karena sekarang sudah ada kacanya, bisa dilakukan setel baut pada klem kancing (di foto nomor 2) agar klem tsb masuk ke dalam sehingga tersedia ruang utk lampu.

4. Setelah lampu masuk, tinggal dorong saja lobang klem kancingnya, setelah "plek!" kemudian tinggal atur bautnya utk mengarahkan lampunya.

5. Pasang lagi lampu sennya, beres deh.

catatan: jika anda adalah orang yg cenderung gegabah, ada bajiknya jika anda letakkan alas tebal dan lunak, sekedar utk jaga2 jika lampu tsb jatuh, tidaklah pecah seribu.

No comments:

Post a Comment