Gemah ripah loh jinawi tata tentrem kerta raharja, jer basuki mawa bea, ho lapis kuntul baris, rawe-rawe rantas malang-malang puntung, ing ngarso sing tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani, ingsun titip tajug lan fakir miskin

Kemitraan

Tuesday, May 6, 2014

Koneksi ke PHP 5.3 via IIS 8.5 ke MS SQL 2000 (bagian 1)

Ini benar-benar suatu tantangan yang sangat menarik, menjalankan PHP dengan webserver IIS dengan database servernya adalah MS SQL 2000.

Kondisi sebenarnya yang terjadi adalah versi IIS 8.5 yang akan saya gunakan relatif baru karena milik Windows 8.1 64-bit, sementara database server yang harus kita gunakan adalah MS SQL 2000 32-bit yang sudah relatif kuna, sehingga untuk koneksinya kita gunakan PHP versi 5.3. Versi PHP juga dipilih yang agak kuna, karena kita akan melibatkan driver MSSQL yang akan menjembatani produk lawas.

Pada dasarnya, info ini dapat diterapkan pada platform Windows yang lain, semisal Windows Server 2003, Windows 7 32bit dll.

Hal yang perlu dipersiapkan :
1. IIS yang telah diaktifkan dan dikonfigurasi dengan benar (standar sih)
2. PHP 5.3 (versi termutakhir 5.3.28)
3. SQLSRV20 (driver MS SQL v2.0 yang dibuat langsung oleh MS dan bisa didownload gratis di website MS)
4. SQL Native Client 2008 R1 (bisa didownload gratis di website MS)

Saya tidak akan jelaskan bagaimana mengaktifkan IIS yang sudah menjadi bagian dari aneka produk MS, karena relatif mudah dan sudah banyak sekali petunjuknya di internet.

Juga saya tidak akan menjelaskan cara instalasi dan konfigurasi MS SQL 2000 (dan versi modern lainnya).

1. Integrasi IIS dengan PHP
Anda bisa mendownload PHP langsung dari PHP.net atau install langsung dengan menggunakan MS Web Platform Installer yg sudah built-in dengan IIS (versi terbaru).

Kebetulan saya merasa cukup pakai yang ZIP, kemudian ekstrak. Sesuai arahan dari website PHP.net, untuk berduet dgn IIS, disarankan menggunakan yang non-thread-safe (nts).

Perhatikan dashboard panel dari IIS, kita hanya perlu fokus pada 2 modul sbb:
Dua modul IIS yg perlu kita set

Kita mulai dengan modul FastCGI Settings :
Di sisi kanan atas, klik Add Aplication... dan isi sbb:
Full Path, Anda browse program php-cgi.exe di folder PHP yang tadi kita ekstrak atau install. Perhatikan kotak merah, Anda perlu ganti nilai default dengan nilai 10000 dan 0 seperti di atas. Kemudian klik tombol OK.

Kemudian kembali ke dashboard panel dan klik modul Handler Mappings :
Di sisi kanan atas, klik Add Module Mapping... dan isi sbb:
Untuk kolom Name dapat diisi sembarang, tapi ketimbang Anda susah cari nama, ikuti saja standar yang dibuat oleh MS seperti di atas.

Restart IIS.

Proses integrasi selesai, sekarang tinggal Anda konfigurasi IIS jika diperlukan, semisal Anda akan menempatkan file PHP terpisah di folder lain, atau port lain. Setelah restart IIS, Anda sudah bisa menjalankan aplikasi PHP, silahkan tes dengan menjalankan phpinfo.php seperti contoh di bawah.



Selanjutnya kita berpindah ke bagian 2, konfigurasi PHP untuk driver MSSQL 2000.


1 comment:

  1. Pak, saya sudah ikuti tutorialnya dan saya pastikan sudah melakukan semua step nya . Tapi kok di Registered PHP Streams tetap tidak tercantum sqlserver ya ?
    Malah mysql dan mysqli ada. Padahal langkah yang saya lakukan sudah seperti yang ada pada tutorial blog ini.
    Kira2 Registered PHP Streams itu me-refer dari mana ya ? php.ini atau yang mana?
    Mohon bantuannya Pak. Terimakasih.

    ReplyDelete