Gemah ripah loh jinawi tata tentrem kerta raharja, jer basuki mawa bea, ho lapis kuntul baris, rawe-rawe rantas malang-malang puntung, ing ngarso sing tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani, ingsun titip tajug lan fakir miskin

Kemitraan

Thursday, May 15, 2014

Instalasi Windows Server 2003 R2 di mainboard Intel Desktop Board DH61WW

Jika Anda berada pada situasi dimana harus menjalankan OS yang usianya lebih kuno ketimbang mesinnya, maka artikel ini membahas tentang situasi itu. Dimana OS yang akan digunakan adalah MS Windows Server 2003 R2 yang akan dipasang pada mesin dengan mainboard Intel DH61WW, yg terhitung generasi lebih baru dari OS tersebut, dan kelasnya bukan server, tapi peruntukannya adalah desktop.

Problem #1
Instalasi pertama kali saat boot-up, saat loading driver semua masih tampak normal, begitu mulai instalasi, tiba-tiba layar menjadi death blue screen.


Penyebab
Masalahnya adalah pada HDD SATA, yang secara default oleh mainboard untuk setting SATA adalah AHCI. MS Windows Server 2003 saat instalasi mengalami kesulitan untuk mengenali HDD.

Solusi #1
Set konfigurasi BIOS, cari menu SATA, Anda harus ganti setting AHCI menjadi IDE dan save. Instalasi dapat dilakukan kembali.

Problem #2
Instalasi LAN (ethernet port), tidak tersedianya driver yang disediakan oleh CD bawaan, juga di website Intel. Cari di internet juga tidak ada yang menyediakannya.

Penyebab
Intel sepertinya tidak mengeluarkan driver untuk LAN dari mainboard tersebut, yaitu model Intel 82579V Gigabit (10/100/1000 Mb/s) Ethernet LAN controller untuk Windows Server 2003 R2, begitu juga Microsoft tidak membuatkannya untuk LAN controller tipe tersebut.

Solusi #2
Windows Server 2003 memiliki kompatibilitas dengan Windows XP. Namun ketika mencoba driver pada CD bawaan, untuk Windows XP tidak ada yang dikenali.

Secara teknis, driver tersebut sudah ada pada CD bawaan, yang Anda harus lakukan adalah memodifikasi sedikit 1 buah file pada driver, agar driver tersebut boleh diinstall pada OS Windows Server 2003.


Setelah Anda edit file tersebut seperti uraian artikel di atas, tinggal Anda update driver untuk ethernet tersebut melalui Device Manager. Ethernet port Anda sekarang akan terdeteksi.

Selamat mencoba, semoga sukses!

No comments:

Post a Comment